hover animation preload

Andai Aku Jadi Presiden
by Abdushshabur Rasyid Ridha in ,

"Aku ingin menyatukan rasa kepedulian mereka untuk kemudian bekerja bersama-sama menjadikan Indonesia yang menjadi lebih baik lagi"

Banyak permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini, dan tak mungkin bisa diselesaikan oleh satu pihak saja. Sekalipun satu pihak itu adalah pemerintah dan segala jajarannya. Kalau diibaratkan permasalahan bangsa ini sudah seperti benang kusut yang hanya bisa diperbaiki dengan memotong bagian-bagian yang kusut. Tapi permasalahan negara tidak mungkin diselesaikan dengan semudah memotong bagian benang yang kusut tersebut.

Sekali lagi Aku katakan bahwa permasalahan negara ini tidak akan terselesaikan oleh satu pihak, oleh presiden. Kontribusi yang dilakukan seluruh warga negara itu akan sangat berarti, sekalipun yang dilakukan hanyalah hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Apalagi sampai mampu berkontribusi nyata dalam lingkup yang lebih luas, seperti apa yang telah berhasil dilakukan oleh gerakan Indonesia mengajar, Indonesia Berkebun atau Komunitas Sinjai (FesTik) dengan perkumpulan bloggernya.

Aku memang paham bagaimana beratnya mengemban amanah menjadi seorang presiden, Aku sendiri pernah ingat suatu ketika diangkat menjadi seorang ketua organisasi non formal. Ketika Aku sebagai ketua organisasi tidak mampu berkomunikasi secara baik dengan anggota-anggota di dalamnya maka sebagus apapun program yang Aku rencanakan pada akhirnya tidak membuahkan hasil yang maksimal. Karena begitulah selayaknya seorang pemimpin, ia mampu menjadi pelayan bagi yang dipimpinnya.

Ketika suatu hari Aku berkhayal menjadi seorang presiden, yang langsung terbersit di pikiran Aku saat itu adalah bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia pada dasarnya adalah manusia-manusia yang peduli dengan lingkungan sekitarnya, tapi kadang lingkungan yang menghambat pikiran mereka untuk berkontribusi sampai akhirnya mereka menjadi tak acuh dengan kondisi sekitarnya lagi. Layaknya anak singa yang belum diizinkan untuk berburu oleh induknya, sampai akhirnya ia tidak memiliki kemampuan lagi untuk berburu. Aku ingin mereka bisa berkontribusi, baik secara personal maupun secara berkelompok.

Ketika aku nantinya menjadi presiden aku ingin seluruh masyarakat merasa bahwa mereka semua bisa berkontribusi. Tidak hanya menunggu hasil buruan dari induknya, tapi juga bisa berburu sendiri. Kita bisa melihat bahwa saat ini gerakan-gerakan sosial sudah begitu menjamur dimasyarakat, mereka melakukan hal-hal kebaikan tanpa pamrih. Satu hal yang mampu menggerakan mereka, yaitu rasa kepedulian. Aku pun menginginkan demikian, aku ingin tiap warga negara memiliki rasa kepedulian yang sama dan sebagai presiden aku akan mendukung semua kontribusi mereka sekalipun kontribusi tersebut hanya dalam lingkup yang sempit.

Aku pernah dengar bahwa di Bandung, terdapat banyak komunitas kreatif yang berkreasi dengan caranya masing-masing. Kemudian seorang Ridwan Kamil mampu menyatukan berbagai komunitas kreatif di sana menjadi satu gerakan bersama dalam naungan Bandung Creative City Forum. Di mana masing-masing komunitas tetap bekerja berdasarkan core competence­-nya masing-masing namun memiliki tujuan yang sama, yaitu menjadi bermanfaat untuk Bandung yang lebih baik.

Yang luar biasa, hal itu dilakukan oleh seorang Ridwan Kamil ketika dia belum menjadi Walikota Bandung. Kang Emil di sini memberikan gambaran bahwa setiap orang pada dasarnya bisa berkontribusi dengan caranya masing-masing. Kemudian ketika telah diangkat menjadi pemimpin Ia pun tak sungkan untuk memberikan apresiasi kepada mereka yang memberikan kontribusi untuk Bandung. Selain itu, Ia tak lupa memperhatikan masyarakatnya secara intens, salah satunya memalui media baru yang berkembang saat ini, yaitu lewat media sosial. Aku pun ingin seperti itu.

Jika aku menjadi Presiden, aku ingin mendukung apapun kontribusi dari masyarakat, baik yang sifatnya personal maupun komunitas, aku juga ingin sekali membuat mereka tergabung menjadi satu komunitas yang terintegrasi, seperti halnya Bandung Creative City Forum. Sehingga mereka bukan lagi terpisah-pisah dalam gerakan yang sifatnya kelompok kecil dan cakupannya sempit, melainkan mereka adalah komunitas sosial yang besar dengan kontribusi yang besar juga. Aku ingin menyatukan rasa kepedulian mereka untuk kemudian bekerja bersama-sama menjadikan Indonesia yang menjadi lebih baik lagi dengan cara mereka sendiri sesuai dengan core competence masing-masing komunitas sosial.

Menjadi seorang presiden adalah amanah yang diberikan oleh seluruh warga negara. Seseorang yang diangkat menjadi presiden berarti ia dipercaya oleh rakyat, sehingga siapapun yang menjadi presiden selayaknya juga bisa mempercayai rakyat yang telah mendukungnya. Mereka harus ingat bahwa rakyatnya bukan hanya di Jakarta atau di pulau Jawa, melainkan di seluruh Indonesia.

Andai aku jadi presiden, aku ingin sekali menjadikan Indonesia yang lebih baik lagi karena aku percaya seluruh rakyat Indonesia juga memiliki keinginan yang sama, dan aku percaya hal itu bisa diwujudkan jika dilakukan secara bersama-sama.


images from: http://i.imgur.com/RCnTX8G.png (edited by ridho)

28 comments:

Unknown said...

mantap sekali tulisannya :) mampir di blog ane juga yah gan di http://bulendeso.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden_2.html

irf said...

Keren sob artikelnya. Mampir yak ke http://alharitsirfan.blogspot.com/2013/07/andai-aku-jadi-presiden.html

Abdushshabur Rasyid Ridha said...

siap bro, semoga setelah lomba ini pun masih tetep bisa saling berkunjung ya.. ;)

Ily said...

keren bang tulisannya^^ thanks jg ya dah ngomenin artikelku di ilmalanadewi.blogspot.com/2013/08/andaiakujadipresiden.html :))

Unknown said...

ane suka kata2 ini gan "Andai aku jadi presiden, aku ingin sekali menjadikan Indonesia yang lebih baik lagi", brarti bsa dong kita jadi psangan capres-cawapres. visi misi kita sama :D

oia, untk teman2 yg lain , main kesini ya nugrahanaya.blogspot.com/2013/08/menuju-indonesia-yang-lebih-baik.html#.Uf9vga5RJdg

Unknown said...

mantap gan..

kunjungi jg yah http://pelajarepic.blogspot.com/2013/07/design-and-article-writing-contest-dawc.html

Unknown said...

"Mereka harus ingat bahwa rakyatnya bukan hanya di Jakarta atau di pulau Jawa, melainkan di seluruh Indonesia." setuju!!

mampir balik ke blognyapresiden.blogspot.com yuk..

Rochimudin said...

Nice one gan. Indonesia baru lebih baik lagi (http://pkndisma.blogspot.com/2013/07/menjadi-presiden-koboy.html)

Unknown said...

keren gan
mampir di mari ya gan http://study-jaringanku.blogspot.com/2013/08/mimpi-jadi-presiden.html

t said...

bener juga gan...
kunjung balik gan http://garibaldisurf.blogspot.com/2013/07/andai-aku-jadi-presiden.html

Abdushshabur Rasyid Ridha said...

an uda maen-maen ke blog kalian... :)
uda mau lebaran nih...

an mau ngucapin Taqaballahu minna wa minkum...
mohon maaf lahir batin ya ;)

Thomas Benmetan said...

wow... keren... btw mampir ya dsini.. :) titikoma: I Have A Dream http://beta-timor.blogspot.com/2013/08/i-have-dream.html?spref=tw makasih.. :)

Rosa said...

keren, ridwan kamil salah satu anak muda yang punya pemikiran luar biasa, dan semoga kamu berhasil menjadi pemimpin dinegeri yang butuh solusi besar *ea
Terimaksih sudah mengunjungi blog saya http://rosalindaku.blog.com/2013/07/22/andai-aku-menjadi-presiden/

PmmIkhbal said...

keren gan, tetep semangat untuk bisa jadi presiden di negeri ini.
kunjungi blog ane ya gan.trims:)

http://ikhbal-mylifestory.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden-ten-of-golden_5.html

Admin said...

penulisan nya keren gan.. mampir ya http://raloveki.com/2013/08/07/andai-aku-jadi-presiden/

Arystha said...

tulisannya bagus :)
mampir ke sini juga ya: http://arysthaa.blogspot.com/2013/08/menjadi-presiden-jika.html
:D

Anonymous said...

Jangan terlalu minder dengan apa yg telah lalu bos, mungkin ketika dulu mimpin organisasi masih ada kekurangan, tapi manusia seperti kita belajar dari kekurangan.
Yang berhasil bukan mereka yang bisa dalam sekali mencoba tetapi yang bangkit ketika gagal.
Semoga istiqomah ya bos.

Ditunggu kunjungan baliknya ke : http://mochamadridho.wordpress.com/2013/08/05/andai-aku-menjadi-seorang-presiden/

Abdushshabur Rasyid Ridha said...

makasih buat teman-teman yang sudah maen-maen ke blog ane... semoga menginspirasi yang lain ya...
insya Allah setelah ini ane yang bakal maen-maen ke blog kalian... ;)

Dini Nuris said...

setuju...

kunjungi balik ya gan

http://cerahdanmencerahkan.blogspot.com/2013/07/andai-aku-presiden.html

Ridwan Bima Arya said...

Well mampir balik ya gan :)

http://ridwanbimaarya.blogspot.com/2013/08/kalau-anda-ingin-hidup-mewah-jangan.html

Abdushshabur Rasyid Ridha said...

mimpi saya jadi presiden ini terinspirasi dari mimpi Ridwan Kamil yang ingin menjadikan "Bandung Juara" :D

http://www.youtube.com/watch?v=Y2N3h7sCDsY

Writer said...

Jadi presiden emang menyenangkan tapi susah dijalanin hehe

http://pelukiskalimat.blogspot.com/2013/08/andai-aku-jadi-presiden.html

"Jangan lupa beri komentar di blog gue :D"
"Izin follow blog ente sob :) n jangan lupa follow balik"

tikameliv said...

Baru tau kak, sejarah perjuangan Kang Emil, merintis karir dengan cara yg berbeda ya ternyata, lewat perhatiannya kepada komunitas kreatif di Bdg. Semoga kakak bisa menauladi beliau jika menjadi presiden bangsa kita kelak, tentu di hal yg positifnya ya :)

Ditunggu kunjungan plus follownya, di
http://tikameliv.blogspot.com/2013/07/andai-aku-jadi-presiden.html#comment-form

Anonymous said...

Kerenn parah! Hormat gue..
Main juga yaa
http://jason-shakolf.blogspot.com/2013/08/presiden-dalam-perspektif-boyband.html

Abdushshabur Rasyid Ridha said...

haha... seneng banget kalian bisa maen-maen ke blog an... :D

makasih atas semua komennya ya.. ;)

*waktunya an maen-maen ke blog kalian nih...

Unknown said...

kegagalan adalah keberhasilan yg trtunda. mantap
http://bern33.blogspot.com/2013/08/andaikan-saat-saya-menjadi-presiden.html

Kiki Arianto said...

It's right, we can't build this country alone, but we need all element to build this country together.

visit my blog too,,
http://goresanpenakiki.blogspot.com/2013/08/jika-saya-seorang-presiden_4666.html

Saliman SP said...

Mantaf sekali pak, kita termasuknya juga anak kreatif yamampir juga disini ya pak http://www.internasional.id/2016/04/andai-aku-jadi-presiden.html

Post a Comment

comment yang anda tuliskan, memberikan semangat tersendiri...