hover animation preload

Menulis itu Butuh Waktu
by Abdushshabur Rasyid Ridha in


Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, di mana di antara mereka tentunya setuju apabila saya katakan bahwa 'waktu' itu adalah hal yang teramat penting. Dan bahkan Allah mengabadikan tentang waktu dalam satu surat di Al Quran (Al Ashr). Bahkan adapula yang mengatakan bahwa waktu adalah pedang, waktu adalah uang dan sebagainya. Terlepas dari tiap-tiap individu memahami dan memaknai hakikat waktu, saya akan coba memaknai waktu sebagai sebuah momentum untuk berkarya.

Pernah mendengar sebuah istilah tentang orang yang sulit membagi waktu, istilah kerennya tidak bisa melakukan time management dengan baik. Sering kali banyak orang menjadikan time management sebagai dalih dari kemalasannya dalam berkarya, khususnya menulis. Sebenarnya apa yang mereka pikirkan dan apa yang sedang mereka lakukan hanyalah sebuah pengingkaran untuk dirinya sendiri. Mereka merasa terlalu sibuk, atau bahkan mereka tidak ingin disibukan. Padahal, ketahuilah "barangsiapa yang tidak menyibukkan diri dalam kebaikan niscaya ia akan disibukkan dalam keburukan". Dan menulis adalah salah satu cara untuk menyibukkan diri dalam kebaikan tersebut.

Dalam hal menulis, upaya ini juga akan membuat kita lebih fokus dalam menulis. Karena kita sudah berkomitmen untuk memberikan sedikit waktu kita untuk menulis. Berapapun atau bagaimanapun hasilnya tulisan tersebut selama dilakukan secara konsisten, maka itu lebih baik daripada mencari dalih untuk kemudian menjadi malas menulis. Coba kita kalkulasikan, apabila kita berkomitmen untuk menyediakan 1/2-1jam dalam sehari untuk menulis, maka dalam setahun kita sudah berhasil memanfaatkan sekitar 365jam dalam hidup kita untuk kebaikan. 365jam setara dengan 15hari penuh.

Dengan sedikit penjelasan di atas cukuplah untuk membuktikan bahwa menulis itu memang butuh waktu. Mulailah berpikir optimis, dan katakanlah "ini memang sulit, tetapi mungkin" dan jangan anggap ini mungkin tetapi sulit. Mulai berdayakan waktu kita untuk kegiatan yang positif, konsisten dengan itu, kerja keras dan hasilkan karya besar kita.

0 comments:

Post a Comment

comment yang anda tuliskan, memberikan semangat tersendiri...