hover animation preload

Ketika Keinginan Bertempur dengan Kemalasan
by Abdushshabur Rasyid Ridha in , ,


Jadi begini toh rasanya males sekaligus geregetan untuk nulis.. rasanya jari-jemari ini ingin sekali menekat setiap tuts keybord guna menghasilkan sebuah karya yang kemudian dipost lagi di blog inspirasi yang satu ini. tapi, jangankan untuk nulis di blog, untuk ikutan lomba atau antologi yang diiming-imingi hadiah aja rasanya berat betul. mungkin ini pertama kalinya w rasain kaya gini sejak satu semester ini ketika w mulai menyukai dan hobi di dunia tulis menulis ini.

Ga salah ketika w tulis di atas kalo w geregetan sekaligus males. yap geregetan, karena dengan ke-vakum-an w ini hasilnya adalah target w untuk menyelesaikan naskah buku pertama w terpaksa tertunda entah sampai kapan. padahal rencananya mau rampung Agustus ini, dan ngayal jadi hadiah lebaran yang sangat spesial. walaupun belum sepenuhnya gagal, paling engga kondisi ini membuat hambatan untuk menyelesaikan rencana tersebut semakin susah aja.

Males, ini nih satu kata yang sangat sulit w hindari, apalagi kondisi liburan kaya kini. padahal hampir setiap hari w berkutat di depan laptop, tapi hampir setiap hari ngga ada kegiatan bermanfaat yang w lakukan. jadi inget sebuah kalimat yang sering w hambur-hamburkan ke temen-temen, "kalo hidup ga disibukkan dengan hal-hal baik pasti hidup lu bakalan disibukkan dengan hal-hal yang buruk", dan parahnya hal itu hampir benar-benar terjadi sama w saat ini. Bahkan untuk menangkis statemen tentang ke-vakum-an w dalam menulis, w sampe-sampe bisa aj bikin tulisan kaya gini:
                                                                           ****

                                                                    Menulis itu Hobi

Hidup itu harus seimbang dan proporsional. Mungkin itulah sepenggal kalimat yang sering dikatakan oleh orang-orang bijak. Pertanyaannya bagaimana cara termudah menjaga hidup kita agar tetap seimbang? Mungkin salah satunya adalah dengan memberikan sedikit waktu yang tersedia untuk menekuni sebuah hobi. Menurut KBBI, hobi adalah sebuah kegemaran, kesenangan utama pada waktu senggang dan bukan pekerjaan utama. Mengerjakan suatu hobi ternyata mampu memberikan kepuasan batin tersendiri bagi para pelakunya. Tak terkecuali bagi saya. Dan salah satu hobi yang saya gandrungi adalah hobi dalam hal menulis.

Mengapa menulis itu dikatakan sebagai hobi? Padahal di zaman sekarang sudah banyak orang yang menjadikan kegiatan menulis sebagai penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama. Saya sendiri menganggap menulis itu sebagai hobi mengingat sampai saat ini belum ada tulisan saya yang berhasil menjadi sebuah penghasilan. Selain itu menulis juga mampu membuat waktu senggang saya menjadi jauh lebih bermanfaat. Dan hal itu menjadi sesuai dengan penjelasan makna hobi itu sendiri berdasarkan KBBI.

Setelah mengetahui mengapa saya beranggapan bahwa menulis itu merupakan sebuah hobi, hal ini membuat saya menjadi bisa lebih tenang menghadapi kendala vakum menulis. Karena walaupun saya memiliki suatu target terkain apa dan kapan saya menulis nyatanya sebuah hobi memang tidak harus selalu dilakukan setiap waktu.

Adakalanya kita akan rehat sejenak dari hobi tersebut. Beda halnya dengan para wartawan ataupun mereka yang menjadikan menulis sebagai penghasilan. Tidak akan ada rehat bagi mereka untuk menulis, dan hal itu yang cukup sulit untuk saya lakukan. Tetapi tak apalah selama menulis masih menjadi sebuah hobi.
                                                                         ******

kalo w baca lagi tulisan w ini benar-benar terkesan hanya berusah menangkis saja dari kenyataan yang ada. dan setelah w pikir-pikir lagi nyatanya kendala apapun yang kita terima saat menekuni bidang ini hanya diri kita sendiri aja yang bisa menghadapi dan mengalahkannya. sudah sering lah nanya-nanya sama para pakar menulis, dan jawabanya normatif dan bahkan w sendiri saja uda tau jawabanya. susah memang kalo males dipelihara terus.

Semoga dengan curahan hati pertama w di blog ini. w bisa ngerestart lagi hobi w yang satu ini. dan mungkin ketika suatu saat w kembali ngerasa jenuh w bisa baca lagi tulisan ini.

1 comments:

Unknown said...

apa semua hal yang kita lakukan bisa dikatakan sebagai hobi

Post a Comment

comment yang anda tuliskan, memberikan semangat tersendiri...