hover animation preload

Awan itu unik
by Abdushshabur Rasyid Ridha in ,

"Letaknya yang ditakdirkan berada tinggi di atas sana menurutku tidaklah menggambarkan keangkuhannya, awan tetaplah sebuah fenomena unik yang selalu memberikan berjuta manfaat kepada seluruh penduduk bumi yang ada di bawahnya."


Hari itu baru saja kusaksikan sebuah fenomena unik dan mungkin akan jarang aku dapatkan di kota metropolitan ini, karena biasanya mungkin dapat kusaksikan kejadian seperti ini hanya di tengah laut atau dipinggir pantai saja. Sebuah pemandangan indah nan menentramkan diri, sebuah Awan gemawan laksana kapas tipis berarak-arak di lazuardi yang megah dan tentu saja menjadi pemandangan nan indah bagi manusia yang menikmatinya dari bawah. Sebuah kepulan awan indah yang membentuk sebuah bukit besar nan cantik yang dilapisi oleh sinar mentari yang seakan ingin berpamitan di ufuk barat. Yap, entah mengapa aku memang sangat menyukai atau bahkan dapat dikatakan sebagai hobi terhadap awan, entah sekedar memandanginya, mengimajinasikannya atau memfotonya. Setidaknya saat ini aku sudah memiliki foto-foto awan dengan berbagai jenis dan tipe yang mencapai angka ratusan foto, walaupun itu kulakukan dengan kamera yang alakadarnya.

Setidaknya dengan aku memandangi keindahan awan, aku juga dapat membayangkan tentang ciptaan Allah yang sangat unik itu sehingga semakin menyakinkanku akan kebesaran-Nya dan memperjelas bahwa hanya Dialah sang Maha Pencipta, mengingat mana mungkin manusia mampu menciptakan awan? Mungkin hanya Doraemon saja yang bisa melakukannya, Namun itupun hanya dilakukan dalam kartun. Patutnya kita bersyukur kepada-Nya karena dilahirkan di bumi ini, mengingat betapa beruntungnya bumi ini yang dianugerahi pemandangan awan nan indah yang tidak dimiliki oleh planet lainnya di dunia.

Awan itu Tidak Sombong
Dalam sebuah analogi sederhana seorang bijak mengatakan bahwa “janganlah kalian dekati jejak awan, awan itu berasal dari tempat yang rendah, tapi ingin cepat berada di tempat tinggi. Semakin ringan, semakin ia tidak berbobot dan awan semakin ingin cepat meninggi,” secara analogi memang tidak salah orang bijak tersebut mengatakan demikian. Namun, aku justru mencoba memaknainya dari sudut pandangku sendiri bahwa awan adalah sebuah gambaran ciptaan Allah yang dapat dikatakan sangat multifungsi. Fenomena awan selain berperan dalam menghadirkan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler serta pemandangan indah lainnya, mereka juga menciptakan adanya cuaca yang kita kenal sekarang, dari hujan gerimis dimusim semi, hingga siang yang suram di musim dingin. “Dalam semua cara dan bentuk, awan telah mempengaruhi kehidupan dibumi, termasuk iklimnya”, ujar Stephen.

Letaknya yang ditakdirkan berada tinggi di atas sana menurutku tidaklah menggambarkan keangkuhannya, awan tetaplah sebuah fenomena unik yang selalu memberikan berjuta manfaat kepada seluruh penduduk bumi yang ada di bawahnya. Awan mampu berperan sebagai selimut bumi yang selalu melindunginya. Di saat terik cahaya matahari menuju langsung ke bumi, awan stratus yang letaknya dekat dengan permukaan bumi akan memantulkan kembali sebagian besar panasnya untuk menjaga agar bumi tetap dingin. Pada saat yang sama, awan sirus yang posisinya lebih tinggi, akan menahan panas dari permukaan bumi untuk menjaga agar planet ini tetap hangat. Keseimbangan ini membuat kehidupan di bumi bertumbuh dengan subur.

Awan Unik Dimataku
Sebuah fenomena unik nan cantik inilah yang semakin membuatku mengagumi keindahan awan. Perubahan-perubahan bentuk pada awan juga menurutku mampu menggambarkan sebuah kehidupan yang dinamis dan tidak flat. Apapun bentuk awan pada saat aku melihatnya tentunya, baik secara langsung maupun tidak langsung, ternyata mampu menggambarkan suasana hatiku saat itu. Bahkan tak jarang keindahan awan mampu melupakan sejenak lika-liku masalah hidupku saat itu. Dan kuingatkan sekali lagi bahwa ciptaan-Nya yang satu ini saja sudah memiliki keindahan yang sulit di jabarkan dengan kata-kata apalagi Penciptanya. Maka sudah barang tentu kita tidak meragukan kebesaran-Nya. Dialah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

0 comments:

Post a Comment

comment yang anda tuliskan, memberikan semangat tersendiri...