hover animation preload

Lakukan Seperti yang Kita Inginkan
by Abdushshabur Rasyid Ridha in , ,

“Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil, mulai dari saat ini juga”.

Mungkin hampir semua orang memahami maksud dari kata-kata di atas, dan saya yakin semua orang bisa mencoba mengimplementasikannya. Bagian tersulitnya mungkin pada saat mencoba untuk berkomitmen atas segala tindakan positif yang telah dilakukan, kenyataannya tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut.

Masalahnya, banyak orang ingin sesuatu namun terkadang berat melakukan sesuatu tersebut untuk orang lain. Katakanlah sesuatu tersebut tentang kebersihan. Semua orang tentunya ingin hidup bersih, ingin lingkungan sekitarnya bersih. Banyak orang tidak mau lingkungannya dikotori oleh orang lain, tapi terkadang ia tidak memikirkan bahwa ketika ia membuang sampah sembarang sama saja dengan mengotori wilayah orang lain.

Bahkan seseorang terkadang rela berkeringat untuk menjaga kebersihkan halaman rumah miliknya sendiri. Tapi tidak semua orang mau menjaga kebersihkan lingkungan untuk orang lain (kerja bakti). Disini terdapat egoisme yang tak bisa terhindarkan di kalangan masyarakat, khususnya di dalam konteks warga metropolitan. Jika benar hal itu tentang keegoisan, maka tak bisakan hal tersebut sedikit dilenyapkan dari hati masyarakat ibukota untuk Jakarta yang lebih bersih.

Orang yang egois cenderung tidak akan acuh terhadap ocehan atau sindirian dari orang lain, dari tetangganya. Perlu teladan untuk mengubah kondisi masyarakat yang seperti ini. Dan setiap orang bisa memulai untuk menjadi seorang tauladan, kita hanya tinggal menjawab pertanyaan, mau atau tidak?

Jika mau, kita cukup memulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai saat ini juga. Sadari bahwa diri kita tentu ingin hidup bersih, maka janganlah membuang sampah sembarangan. Lakukan dari hal kecil seperti memungut sampah-sampah ringan yang terserak sembarangan dari tempat seharusnya. Dan jangan tunggu ada banjir untuk memulainya. Lakukan pencegahan, bukan lagi penanggulangan. Maka mulailah melakukan sesuatu seperti apa yang kita inginkan.

0 comments:

Post a Comment

comment yang anda tuliskan, memberikan semangat tersendiri...