hover animation preload

Riak itu Akan Tenang dengan Sendirinya
by Abdushshabur Rasyid Ridha in ,

      Pernahkan kita menyibukkan diri dengan terus-menerus berupaya menyelesaikan masalah namun yang pada akhirnya solusi tersebut justru menambah masalah?

Kondisinya mungkin hal itu hanyalah masalah kecil yang seharusnya tidak kita hiraukan secara berlebihan, namun kenyataannya masalah-masalah kecil itulah yang pada akhirnya justru banyak menguras energi kita. Hal tersebut terjadi karena mungkin kita belum memiliki agenda-agenda yang besar dalam hidup kita. Atau mungkin kita memiliki agenda besar namun kita belum dapat fokus memikirkan bagaimana cara mencapainya.

Sehingga sebenarnya penyelesaiannya sangat sederhana: jika kita tidak dapat fokus untuk mencurahkan energi kita untuk sebuah kerja besar maka sebenarnya kita sedang menguras energi kita untuk berkutat dengan permasalahan-permasalahan kecil. Sebaliknya ketika kita memiliki agenda besar yang ingin kita capai dalam hidup, maka yakinlah bahwa kita tidak akan membiarkan energi kita terkuras untuk mengatasi permasalahan yang kecil. dan pada akhirnya masalah-masalah kecil ini tidak akan menggangu pikiran dan fokus kita untuk mencapai agenda besar yang hendak kita capai.

Maka mulailah bergerak, dan terus bergerak, jangan mau dipaksa berkutat di dalam ruang sempit bernama permasalahan kecil, biarkan masalah itu berlalu tanpa ada rasa penyesalan dalam diri kita. Karena pembiaran yang kita lakukan akan membuat diri kita keluar dari ruang sempit tersebut. Karena jika kita tidak mencoba keluar darinya maka kita tidak akan pernah dapat merengkuh mimpi besar yang ada di depan.

Yakinilah bahwa tidak semua masalah harus dipikirkan, tidak semua masalah harus diselesaikan dan dicari solusinya, Karena memang ada banyak sekali masalah yang akan selesai tanpa kita pikirkan dan tanpa kita cari solusinya. Layaknya penyakit, tentunya tidak semua penyakit yang kita rasakan harus dibawa ke dokter kan? Ada penyakit-penyakit kecil yang akan sembuh seiring berjalannya waktu, bahkan ada penyakit yang akan sembuh ketika kita memutuskan untuk beristirahat dan melupakan sejenak penyakit yang ada di dalam diri kita tersebut. Seperti itu pula lah sebuah masalah.

Yang mesti kita lakukan hanya cukup meyakini bahwa apa yang kita lakukan sekarang adalah hal yang lebih prioritas dari pada sekedar berkutat di sebuah ruangan sempit bernama masalah, dan yakinlah setiap riak air dalam sebuah bejana pada akhirnya akan tenang dengan sendirinya.

2 comments:

affanibnu said...

tarik nafas.. :)
untuk mendapat tenaga yang baru.. salam kenal :D

Abdushshabur Rasyid Ridha said...

siap!!!
semoga tulisannya bermanfaat... :)

Post a Comment

comment yang anda tuliskan, memberikan semangat tersendiri...